Jumat, 1 Maret 2024

Ini Doa yang Bisa Dibaca Sepanjang Perjalanan Menempuh Arus Balik

Dani Agus
Kamis, 27 April 2023 16:08:02
Foto: Ilustrasi (freepik.com)
Murianews, Kudus – Mudik merupakan aktivitas yang identik dengan momen hari raya Idulfitri atau lebaran. Tak lengkap rasanya, jika lebaran tidak mudik ke kampung halaman buat bertemu keluarga tercinta. Setelah beberapa hari berada di kampung halaman, sebagian pemudik kini mulai balik lagi ke tempat asal. Pasalnya, mereka ini sudah habis masa liburnya atau masih perlu bersilaturahmi ke tempat lainnya. Sebelum menempuh arus balik, terutama dengan kendaraan pribadi, ada baiknya melakukan persiapan. Mulai persiapan fisik hingga kondisi kendaraan yang akan digunakan. Baca juga: Hendak Mudik Lebaran ke Kampung Halaman, Bacalah Doa Ini Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Dengan demikian, perjalanan menuju kampung halaman akan berjalan lancar sesuai rencana semula. Selain itu, pemudik juga dianjurkan untuk membaca doa agar diberi keselamatan selama di perjalanan hingga ke tempat tujuan.  Melansir dari NU Online, Kamis (27/4/2023), berikut doa yang bisa dibaca saat hendak berkendara menempuh arus balik atau perjalanan pada umumnya.

آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ، سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ

Ayibuna, ta'ibun, ‘'abidun, sajidun li rabbina hamidun. Artinya: ”(Kami) kembali, bertobat, menyembah, bersujud, dan memuji Tuhan kami.” Doa di atas dibaca di sepanjang perjalanan arus balik hingga sampai pada tujuan. Doa ini didasarkan pada sahabat Anas ra dalam Shahih Bukhari yang dikutip lengkap Imam An-Nawawi berikut ini:

  وروينا في "صحيح مسلم" عن أنس رضي الله عنه، قال: أقبلنا مع النبي صلى الله عليه وسلم أنا وأبو طلحة، وصفية رديفته على ناقته، حتى إذا كنا بظهر المدينة قال: "آيبون تائبون عابدون لربنا حامدون"، فلم يزل يقول ذلك حتى قدمنا المدينة

Artinya: ”Diriwayatkan kepada kami di Kitab Shahih Muslim dari Sahabat Anas ra, ia berkata bahwa kami, yaitu saya dan Abu Thalhah datang bersama Rasulullah saw, sementara Shafiyyah membonceng pada untanya. Ketika tiba di tepi kota Madinah, Rasulullah saw membaca, 'Ayibuna, ta'ibun, 'abidun, sajidun li rabbina hamidun.’ Rasulullah saw tidak henti membaca lafal itu hingga kami benar-benar tiba di Kota Madinah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 193). Riwayat ini dimasukkan oleh Imam An-Nawawi pada bab doa yang dibaca ketika seseorang kembali ke rumah setelah menempuh perjalanan. Pun demikian dengan orang yang sedang menempuh perjalanan arus balik dari kampung halaman, juga dapat mengamalkan doa ini.

Baca Juga

Komentar