Rabu, 28 Februari 2024

Empat Cara Meminta Maaf ke Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ali Muntoha
Sabtu, 2 Desember 2023 21:35:00
Ilustrasi: Zikir dan berdoa (Freepik)

Murianews, Kudus – Orang tua adalah sosok yang berjasa, sehingga ketika ditinggal meninggal kita akan sangat kehilangan. Terkadang ada kesalahan anak yang belum sempat minta maaf, padahal sang orang tua sudah meninggal.

Lalu bagaimana cara meminta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal?

Di dalam Islam, meminta maaf kepada orang tua yang telah meninggal adalah tindakan yang mulia dan dianjurkan.

Dikutip dari laman Kementerian Agama, setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk minta maaf pada orang tua yang sudah meninggal.

1. Mendoakan kedua orang tua

Permintaan maaf pada orang tua bisa dilakukan melalui doa. Doa memiliki kekuatan yang besar dalam agama Islam.

Seorang anak dianjurkan untuk untuk berdoa bagi kebaikan dan keselamatan orang tua yang telah meninggal.

Sampaikan permohonan maaf kita kepada Allah dalam doa kita dan mohonkan ampunan bagi orang tua yang sudah tiada. Berdoa adalah cara untuk menunjukkan ketulusan hati dan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, ada seorang anak yang orang tuanya telah meninggal, lalu ia mengadu pada Rasulullah, kemudian Nabi mewasiatkan untuk mendoakan orang tuanya:

وَرُوِيَ إنَّ الرَّجُلَ لَيَمُوتُ وَالِدَاهُ وَهُوَ عَاقٌّ لَهُمَا فَيَدْعُو اللَّهَ لَهُمَا مِنْ بَعْدِهِمَا فَيَكْتُبُهُ اللَّهُ مِنْ الْبَارِّينَ

“Diriwayatkan bahwa seorang anak yang kedua orang tuanya wafat sementara ia pernah berdurhaka terhadap keduanya, lalu ia berdoa kepada Allah sepeninggal keduanya, niscaya Allah mencatatnya sebagai anak yang berbakti,” (Al-Bujairimi, Tuhfatul Habib alal Khatib, juz II, halaman 573).

2. Bersedekah dan melakukan amal jariyah

Salah satu cara terbaik untuk meminta maaf kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan melakukan sedekah dan amal jariyah atas nama mereka. Amal jariyah adalah tindakan yang terus memberikan manfaat setelah seseorang meninggal dunia.

Dengan melakukan amal jariyah atas nama orang tua, diharapkan orang tua yang sudah meninggal mendapatkan kebaikan dan pahala dari amal baik tersebut, dan diharapkan bahwa ini juga menjadi bentuk permohonan maaf kita kepada mereka yang telah meninggal dunia.

Menyedekahkan pahala pada orang tua, baik yang masih hidup atau sudah meninggal dalam Islam hukumnya diperbolehkan dan pahalanya sampai kepada mereka.

3. Ziarah kubur

Meminta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal bisa dilakukan dengan ziarah di makam orang tuanya. Ziarah kubur ini dijelaskan dalam sebuah hadis sebagai berikut:

فقد روى الحاكم عن أبي هريرة رضي الله عنه “من زار قبر أبويه أو أحدهما في كل جمعة مرة غفر الله له وكان بارا بوالديه

"Imam Al-Hakim meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja menziarahi makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya sekali setiap Jumat, niscaya Allah hapus dosanya. Ia pun dinilai sebagai anak berbakti kepada orang tuanya.”

4. Meningkatkan kebaikan dan ibadah

Salah satu cara paling efektif untuk minta maaf kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan meningkatkan kebaikan dan ibadah kita.

Melalui amalan-amalan yang diperintahkan dalam Islam, seperti salat, puasa, zakat, haji, dan sebagainya, kita dapat memperbaiki hubungan spiritual kita dengan Allah SWT dan pada gilirannya, membantu memohon maaf kepada orang tua kita.

Dengan menjadi pribadi yang lebih baik, kita juga menghormati jasa-jasa mereka dan memuliakan nama baik keluarga.

Komentar